Minggu, 18 November 2012

Pin It

Get This

Permintaan barang dan jasa

  • Pengertian Permintaan
 Permintaan adalah keseluruhan jumlah barang atau jasa yang bersedia diminta pada berbagai tingkat harga, waktu, dan tempat tertentu.

  • Faktor-faktor yang memengaruhi permintaan
   Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa selain faktor harga masih ada faktor-faktor lain yang memengaruhi permintaan. Namun, faktor-faktor selain harga pengaruhnya tidak sekuat faktor harga. Berikut ini faktor-faktor yang memengaruhi permintaan :
a. Harga barang itu sendiri ; harga barang akan memengaruhi jumlah barang yang diminta. Jika harga turun jumlah permintaan barang tersebut akan meningkat, sedangkan jika harga naik maka jumlah permintaan barang akan menurun.
b. Harga barang substitusi (pengganti) ; Harga barang dan jasa pengganti ikut memengaruhi jumlah barang dan jasa yang diminta. Apabila harga dari barang substitusi lebih murah maka orang akan beralih pada barang substitusi tersebut. Akan tetapi jika harga barang substitusi naik maka orang akan tetap menggunakan barang yang semula.
c. Harga barang komplementer (Pelengkap) ; Barang pelengkap juga dapat memengaruhi permintaan barang/jasa. Misalnya sepeda motor, barang komplementernya bensin. Apalagi harga bensin naik, maka kecenderungan orang untuk membeli sepeda motor akan turun, begitu juga sebaliknya.
d. Pendapatan ; Besar kecilnya penendapatan yang diperoleh seseorang turut menentukan besarnya permintaan akan barang dan jasa. Apabila pendapatan yang diperoleh tinggi maka permintan akan barang dan jasa juga semakin tinggi. Sebaliknya jika pendapatan turun, maka kemampuan untuk membeli barang juga akan turun. Akibatnya jumlah barang akan semakin turun.
e. Selera konsumen ; Selera konsumen terhadap barang dan jasa dapaat memengaruhi jumlah barang yang diminta. Jika selera konsumen terhadap barang tertentu meningkat maka permintaan terhadap barang tersebut akan meningkat pula. Misalnya, sekarang ini banyak orang yang mencari hand phone yang dilengkapi fasilitas musik dan game, karena selera konsumen akan barang tersebut tinggi maka permintaan akan hand phone yang dilengkapi musik dan game akan meningkat.
f. Intensitas Kebutuhan Konsumen ; Intensitas kebutuhan konsumen berpengaruh terhadap jumlah barang yang diminta. Kebutuhan terhadap suatu barang dan jasa yang tidak mendesak, akan menyebabkan permintaan masyarakatt terhadap barang dan jasa tersebut rendah. Sebaliknya jika kebutuhan terhadap barang atau jasa sangat mendesak maka permintaan masyarakat terhadap barang atau jasa tersebut menjadi meningkat.
g. Perkiraan harga dimasa depan ; Apabila konsumen memperkirakan bahwa harga akan naik maka konsumen cenderung menambah jumah barang yang dibeli karena ada kekhawatiran harga akan semakin mahal. Sebaliknya apabila konsumen memperkiraan bahwa harga akn turun, maka konsumen akan cenderung mengurangi jumlah barang yang dibeli/
h. Jumlah penduduk ; Pertambahan penduduk akan memengaruhi jumlah barang yang diminta. Jika jumlah penduduk dalam wilayah bertambah banyak, maka arang yang diminta akan meningkat.